Senin, 02 Juli 2012

I Need You



Bacaan : Markus 5:21-43.
Pujian: KJ 273:1
Dalam kehidupannya manusia disebut sebagai makhluk sosial, yang artinya manusia selalu membutuhkan orang lain di dalam hidupnya. Akan tetapi patron (pola) yang diberikan kepada manusia yang adalah makhluk sosial lama-kelamaan menjadi pudar karena pada kenyataannya banyak manusia yang sudah melupakan hakekatnya yang seperti itu. Ada banyak penyebab yang menjadikan manusia lupa dengan hakekatnya sebagai makhluk sosial antara lain; masalah sosial ekonomi yang menyebabkan adanya kesenjangan sosial dan sifat individualis. Yang tidak kalah penting bisa menyebabkan manusia lupa akan hakekatnya sebagai makhluk sosial jurtru muncul dari persoalan agama. Bermunculannya gerakan-gerakan yang disebabkan oleh fanatisme beragama bisa menjadi pemicu timbulnya sikap individualis yang sangat merugikan. Mereka yang tergabung dalam kelompok-kelompok keagamaan merasa bahwa mereka tidak lagi membutuhkan orang lain, alhasil mereka hanya mementingkan diri dan kelompoknya sendiri.  Tetapi kita semua sepakat bahwa sesempurna apapun manusia atau kelompok tertentu, pasti hidupnya tidak akan pernah bisa tanpa orang lain.
Hal inilah yang terjadi pada Yairus yang adalah seorang pemimpin rumah ibadah. Jika kita teliti dalam kisahnya, Yairus adalah sosok yang sangat penting, dia sangat memegang teguh tata aturan Agama Yahudi. Oleh karenanya dia juga tidak segan-segan menyebut Yesus sebagai orang luar sekaligus sebagai pemimipin bidat yang sangat berbahaya bagi Agama Yahudi. Tetapi entah mengapa pada saat dia membutuhkan pertolongan karena anaknya sedang menderita sakit dia tersungkur di depan kaki Yesus dan memohon kepadaNya supaya Yesus menyembuhkan anaknya (22-23).
Yairus melupakan prasangkanya, melupakan kehormatannya, dan melupakan keangkuhannya demi sebuah pertolongan yang sangat diharapkan datang dari Yesus. [khm]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar