Selasa, 21 Mei 2013

Untung Rugi Mengikut Yesus


Bacaan : MARKUS 10 : 28-31.
Pujian: KJ 376
Nats: ”Berkatalah Petrus kepada Yesus: “Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau!” (ayat 28)
Bahasa “untung rugi” biasanya hanya dikenal di kalangan para pedagang atau pebisnis. Karena berdagang memang mencari untung dan menghidari kerugian atas jual beli sebuah barang. Karenanya para pedagang memiliki kemampuan berhitung yang handal. Terutama berhitung tentang harga yang pantas atas sebuah abrang agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Petrus pernah salah mengartikan makna mengikut Yesus. Sebagai tokoh besar di jaman itu, tentu Yesus memiliki kharisma tersendiri. Sehingga, tentu banyak orang yang menjadi pengikutNya, berharap ada keuntungan tersendiri sebagai upah mengikut Yesus. Salah satunya adalah Petrus. Dia bertanya, apakah upah mengikut Yesus. Karena dia merasa telah meninggalkan segala sesuatuuntuk mengikut Yesus.
Ternyata jawaban yang diberikan Yesus kepada Petrus bukanlah jawaban yang diharapkan oleh Petrus. Bukan kemapanan, kehormatan dan harta duniawi yang dijanjikan. Namun yang dijanjikan adalah kehidupan kekal. Bisa saja Petrus kecewa dengan jawaban Yesus pada saat itu. Karena apa yang di sampaikan tidak sesuai dengan harapan Petrus.
Pernahkah kita bertanya dalam hati kita, tentang untung rugi mengikut Yesus? Terutama bagi saudara-saudara yang terlibat dalam pelayanan bagi jemaat Tuhan. Mungkin sudah banyak yang kita berikan dalam pelayanan kita. Antara lain waktu, tenaga, pikiran bahkan harta. Namun demikian, terkadang kita masih merasakan persoalan yang berat, yang menyesakkan dada yang harus kita hadapi dalam pelayanan kita. Tak jarang caci maki kita terima dari orang-orang yang kita layani. Apakah ini yang menjadi upah mengikut Yesus?
Mengikut Yesus jelas tidaklah mudah. Namun mengikut Yesus sungguh indah. Karena dalam setiap perjalanan kehidupan kitaada penyertaan, bimbingan dan perlindungan yang diberikan-Nya kepada kita. Ketika badai gelap menghadang, Dia mendekap kita. Dan kita dapat merasakan kehangatan kasih-NyA. Entah bagi anda, namun bagi saya…itu lebih dari segala-galanya. Sebuah upah yang indah ketika mengikut YESUS. [oka]
“Orang yang dengan tulus dan murni mengikut Yesus, tidak pernah memperhitungkan untung rugi.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar