Rabu, 19 Juni 2013

Apa Kata Dunia ?

Bacaan : Kisah Para Rasul 10:1-16.
Nyanyian : KJ 153

Nats : “…. Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram” (ayat 15)
Perikup yang kita baca hari ini memberikan kesaksian tentang ketaatan hidup Kornelius dan Petrus. Mereka berdua sama-sama hidup taat kepada Allah. Bedanya adalah Kornelius langsung mengerjakan apa yang dikatakan oleh Allah, tetapi Petrus masih ragu-ragu untuk melakukan apa yang dikatakan oleh Allah. Ketika Allah meminta Kornelius untuk segera pergi ke Yope, Kornelius langsung melaksanakan apa yang dikatakan Allah. Tetapi ketika Allah meminta Petrus menyembelih binatang berkaki empat, binatang menjalar, dan burung untuk dimakan karena Petrus lapar, Petrus tidak segera melakukan apa kata Tuhan, karena Petrus mengangapnya sebagai makanan haram seperti kata dunia. Kornelius dan Petrus, sama-sama hidup berkenan di hadapan Allah, tetapi Kornelius melakukan apa kata Tuhan, namun Petrus masih mempertimbangakan apa kata dunia.
Bagaimanakah dengan kehidupan kita? Apakah kita lebih mempertimbangkan apa kata dunia, dibandingkan dengan apa kata Tuhan? Apakah kita mau hidup seperti Kornelius ataukah Petrus? Ya, kadangkala apa kata dunia ini tampak lebih penting dibandingkan dengan apa kata Tuhan. Karena jika kita melanggar apa kata dunia, maka kita merasa mendapat hukuman langsung dari dunia ini. Tanpa kita sadari, bukankah ketika kita melakukan dengansungguh-sungguh apa yang Tuhan kehendaki, maka kita pun akan dapat menjalani aturan-aturan dunia ini sesuai dengan kehendak Tuhan. Apakah ada hal di dunia ini yang akan mencelakakan kita jika kita sudah hidup sungguh-sungguh sesuai dengan kehendak Tuhan?
Beberapa waktu yang lalu ada salah satu iklan dengan slogan: “Apa kata dunia?!”. Kalimat ini jelas menggambarkan bahwa anggapan orang di dunia ini terhadap apa yang kita lakukan menjadi penentu keputusan hidup kita. Tetapi apakah kita masih sepakat bahwa penentu keputusan hidup kita yang terpenting adalah apa kata dunia ? Ataukah penentunya adalah apa kata Tuhan ? [dee]
“Pekerjaan Alah yang dilakukan dengan cara Allah tidak akan kekurangan dukungan Allah” (Taylor)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar