Senin, 16 Maret 2015

Diselamatkan Untuk Pekerjaan Baik

Bacaan : Efesus 2: 4-10.   | Pujian: KJ 365: 2, 3, 4.
Nats: 
“Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.” (ay. 10)
Sangat banyak orang tertarik menjadi Kristen. Sangat banyak juga orang Kristen yang rajin beribadah. Karena pikirnya, menjadi Kristen dan rajin beribadah itu mudah dan mendapatkan karunia besar, yaitu keselamatan kekal. Kebutuhan dan tujuan dasar yang paling pokok itu tidak perlu susah-susah diupayakan sendiri, dan tidak mungkin bisa diperoleh sendiri oleh manusia. Itu diberikan secara cuma-cuma oleh Kristus. Memang benar keselamatan kekal itu tidak bisa dikerjakan oleh manusia. Karena itu, tidak patut bagi orang Kristen memegahkan diri, menyombongkan diri. Sebab, semuanya adalah pemberian Tuhan.
Menjadi Kristen itu memang mudah. Tetapi menjadi pengikut Kristus itu tidak mudah. Menjadi Kristen itu cukup percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat. Tetapi menjadi pengikut Kristus itu harus mengikuti dan melakukan segala pekerjaan baik yang sudah dilakukanNya, diteladankanNya dan disediakan bagi kita untuk kita lakukan. Karena itu, menjadi Kristen itu harus menjadi pengikut Kristus.
Kita diselamatkan bukan sekedar supaya kita bebas dari maut, upah dosa. Kita diselamatkan untuk melakukan segala pekerjaan baik yang disediakan oleh Allah bagi kita untuk kita lakukan. Kita diselamatkan dengan dibenarkan supaya kita melakukan dan menegakkan kebenaran. Kita diselamatkan karena kebaikan Tuhan supaya kita melakukan kebaikan kepada semua orang. Kita diselamatkan dengan perendahan diriNya sampai disalibkan supaya kita juga rendah hati, tidak memegahkan diri.
Menjadi Kristen itu mudah. Tetapi menjadi anggota tubuh Kristus, yaitu menjadi warga gereja, itu tidak mudah. Kita diselamatkan supaya dan jika kita menjadi anggota tubuh Kristus. Menjadi anggota tubuh Kristus (warga gereja) itu berarti bertanggung jawab atas tubuh (gereja) itu.
Jadi, karena sudah diselamatkan, kita mestinya tidak hanya diam menerima dan menikmati karunia keselamatan itu. Kita mestinya tidak hanya mau beribadah saja. Kita mestinya terlibat dalam kegiatan-kegiatan pelayanan gereja sesuai dengan talenta kita masing-masing. [ST]
“Tuhan, tolonglah kami untuk menolong orang lain! Berkatilah kami untuk membagikan berkatMu kepada orang lain!”

http://www.gkjw.web.id/diselamatkan-untuk-pekerjaan-baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar