Senin, 03 November 2014

Tambahkanlah Iman Kami !


Bacaan : Lukas 17 : 1 – 6  |  Pujian: KJ 395 : 1, 4
Nats: “Lalu kata Rasul-rasul itu kepada Tuhan: ‘Tambahkanlah iman kami! ‘ [ayat 5]

Iman itu seperti benih. Tampaknya kecil dan lemah, tetapi di dalamnya ada kehidupan. Ketika dipendam atau ditanam, benih iman itu tidak nampak. Jiaklau dirawat, ia akan tumbuh dan melepaskan kuasa, menumbuhkan dedaunan, bunga dan buah yang berguna bagi semua ciptaan Tuhan, manusia maupun ciptaan yang lain. Sudah barang tentu, saudara dan saya memerlukan iman dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari di sekitar kita.
Iman untuk mengampuni (ay. 1-4). Kadang-kadang kita mudah menyerah dan putus asa ketika menghadapi orang yang terus menerus berkanjang dalam dosa. Namun, kita harus mengampuni mereka dan percaya bahwa Tuhan bekerja dalam hidup mereka. Kita harus menjadi batu loncatan, bukan batu sandungan. Bahkan, apabila mereka berulang kali berbuat dosa dan melakukan kesalahan kepada kita, dan ia menyesal, maka kita pun harus mengampuni mereka. Kita harus menjadikan diri kita yang membuat orang berdosa bertobat kepada Tuhan. Jangan sampai kita menyebabkan orang lain tersandung atau berbuat dosa.
Iman untuk melakukan perkara yang besar. Kita perlu iman untuk melakukan tanggung jawab, menyelesaikan pekerjaan apa saja dan memecahkan masalah sebesar apapun dalam hidup kita. Tuhan Yesus sendiri mengatakan, iman sebesar biji sesawi pun yang ada pada kita akan mampu memindahkan dan menanam Pohon Ara di dalam laut dan ia akan taat kepadamu    (ayat 6). Itu semua menggambarkan bahwa dengan iman kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat tentunya ada kuasa yang luar biasa. Kalau kita mau mencari dan mau minta kepada Tuhan untuk menambahkan iman, sudah barang tentu kita akan menemukannya dan mendapatkannya. “Tambahkanlah iman kami, Tuhan!” Iman kita akan terus bertambah jika kita suka dan sering merenungkan karya dan firmanNya, jika kita suka menghayati atau menghidupkan kasih karuniaNya di dalam hidup kita setiap hari. Firman, karya dan kasih karuniaNya sudah dinyatakan kepada kita. Sekarang tinggal menunggu renungan dan penghayatan kita. [DG]
“Dengan iman, kita dapat melakukan perkara-perkara yang besar.”]
http://www.gkjw.web.id/tambahkanlah-iman-kami


Tidak ada komentar:

Posting Komentar